Selasa, 23 Juli 2019

teknik dan contoh instrumen penilaian dalam kurikulum 2013


TEKNIK DAN CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah
Pengembangan Perangkat Pembelajaran
Description: Description: D:\album\Logo IAIN.jpg
Dosen Pengampu:
Arif Wibowo M.Pd.I
Disusun oleh:
Soffin Hayyi

210317337
Mualifah Khoirunnisa

210317316
Intan Cahyani

210317307

Kelas/semester:
PAI J/04

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
2019
 

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Implementasi Kurikulum 2013, untuk semua tingkat satuan pendidikan berimplikasi pada proses penilaian pencapaian kompetensi peserta didik. Penilaian pencapaian kompetensi oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, perkembangan pencapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan secara berkesinambungan. Penilaian juga dapat memberikan umpan balik kepada pendidik agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran (Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan).
Dari delapan standar pendidikan, ada dua standar yang merupakan tugas pokok bagi guru, yakni standar proses pembelajaran dan standar penilaian. Salah satu pembeda kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah proses penilaian. Kurikulum 2013 mengisyaratkan ada tiga ranah yang harus dinilai oleh guru pada peserta didiknya, yaitu pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Untuk menilai ketiga ranah tersebut, kurikulum 2013 merekomendasikan lima karakteristik penilaian, yaitu: Belajar Tuntas, Autentik, Berkesinambungan, Berdasarkan acuan kriteria, Menggunakan teknik penilaian yang bervariasi. Untuk menilai domain Sikap digunakan teknik: Observasi (langsung atau tidak langsung), Penilaian Diri, Penilaian teman sejawat, Jurnal. Untuk menilai domain Pengetahuan digunakan teknik: Tes Tulis, Tes Lisan, Penugasan. Sedang untuk menilai domain keterampilan digunakan teknik: Tes Praktik, Projek, Portofolio. Dalam makalah ini akan dibahas lebih rinci karakteristik penilaian, teknik penilaian, dan contoh-contoh rubrik penilaian terkait kurikulum 2013.
B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa Pengertian Teknik Penilaian?
2.      Apa yang dimaksud dengan Penilaian Aspek Spiritual, Sosial, Kognitif dan Ketrampilan K13?
3.      Bagaimana Contoh Format Penilaian Aspek Spiritual, Sosial, Kognitif dan Ketrampilan K13?
4.      Bagaimana Praktik Pada  Silabus K13?
C.    TUJUAN PEMBAHASAN
1.      Mengetahui Pengertian Teknik Penilaian
2.      Mengetahui Penilaian Aspek Spiritual, Sosial, Kognitif dan Ketrampilan K 13
3.      Mengetahui Contoh Format Penilaian Aspe Spiritual, Sosial, Kognitif, dan Ketrampilan K 13
4.      Mengetahui Praktik Pada Silabus
BAB II
PEMBAHASAN
A.    PENGERTIAN TEKNIK PENILAIAN
B.     PENILAIAN ASPEK SPIRITUAL, SOSIAL, KOGNITIF, DAN KETRAMPILAN K13
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1f4ANEZ5Ru7vydHKTQ54sa_T3Rz0lquAVS6gr-qDHj5kVWGYn6hFNCPZK9JWa8g06vuf5xMNixMABmOQU44y9cOVksGI6u8HlXcEwtfgOLnZT9QQe_XZ10dW7A2dJKwk0b-FyY3YvuuyN/s1600/pen+sikap.PNG
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEifRikQQYoHNqUUH88cF1kOakfs4B96K4ZUTuLgugyPIU-CynYF6qFOmLTxZDx7-btrmsDtEMbyMWFqc02F62T2vJzGzktRzwq0Q4-hkLrUAEPwgejQbmVhsCQfXIJ4uTlsvFWD-wAjn-Xp/s1600/pen+pengetahuan.PNG
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg-wf_9y8pairUcl3UX2wkKc28xjtE5bUhTL186PN9z7Gd1v7CdwOSFD5faxI5nxAyn9vSQ8wqxUQ4DlS5W_1t2QuP8zgwD5wDiBeXUA9NgH_F0b6BISs2W7VEhPEnemleYjpCPA5tBaIbo/s1600/pen+keterampilan.PNG
C.    CONTOH FORMAT PENILAIAN ASPEK SPIRITUAL, SOSIAL, KOGNITIF DAN KETRAMPILAN K13
1.      Aspek Spiritual
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Nama Peserta Didik                   : ………………….
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..
No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir :
Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor  3,20 – 4,00 (80 – 100)
Baik                 : apabila memperoleh skor  2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup                         : apabila memperoleh skor  2.40 – 2,79 (60 – 69)
Kurang            : apabila memperoleh skor kurang  2.40 (kurang dari 60%)
2.      Aspek Sosial
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
a)      Tulislah identitas peserta didik yang diamati
b)      Tulislah tanggal pengamatan.
c)      Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
d)     Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta didik baik yang merupakan kekuatan Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
e)      Tulislah dengan segera kejadian
f)       Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda.
g)      Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta didik
Format:
 









Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk penskoran pedoman observasi sikap disiplin
3.      Aspek Pengetahuan
URAIAN
1.            
1. Mengapa malaikat selalu taat Allah Swt.?
2. Sebutkan sifat-sifat malaikat!
3. Jelaskan perbedaan malaikat dengan manusia dan makhluk gaib lain (jin dan setan/iblis)!
4. Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt.?
5. Sebutkan hikmah beriman kepada malaikat!
2.      Asek Ketrampilan

D.    PRAKTIK PADA SILABUS

BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN

DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar