TEKNIK DAN CONTOH INSTRUMEN PENILAIAN DALAM KURIKULUM
2013
Makalah ini disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah
“Pengembangan Perangkat Pembelajaran”

Dosen Pengampu:
Arif Wibowo M.Pd.I
Disusun oleh:
Soffin Hayyi
|
|
210317337
|
Mualifah
Khoirunnisa
|
|
210317316
|
Intan Cahyani
|
|
210317307
|
Kelas/semester:
PAI J/04
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PONOROGO
2019
![]() |
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Implementasi Kurikulum 2013, untuk
semua tingkat satuan pendidikan berimplikasi pada proses penilaian pencapaian
kompetensi peserta didik. Penilaian pencapaian kompetensi oleh pendidik
dilakukan untuk memantau proses, kemajuan, perkembangan pencapaian kompetensi
peserta didik sesuai dengan potensi yang dimiliki dan kemampuan yang diharapkan
secara berkesinambungan. Penilaian juga dapat memberikan umpan balik kepada
pendidik agar dapat menyempurnakan perencanaan dan proses pembelajaran
(Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 66 Tahun 2013 tentang Standar
Penilaian Pendidikan).
Dari delapan standar pendidikan, ada
dua standar yang merupakan tugas pokok bagi guru, yakni standar proses
pembelajaran dan standar penilaian. Salah satu pembeda kurikulum 2013 dengan
kurikulum sebelumnya adalah proses penilaian. Kurikulum 2013 mengisyaratkan ada
tiga ranah yang harus dinilai oleh guru pada peserta didiknya, yaitu
pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Untuk menilai ketiga ranah tersebut,
kurikulum 2013 merekomendasikan lima karakteristik penilaian, yaitu: Belajar
Tuntas, Autentik, Berkesinambungan, Berdasarkan acuan kriteria, Menggunakan
teknik penilaian yang bervariasi. Untuk menilai domain Sikap digunakan teknik:
Observasi (langsung atau tidak langsung), Penilaian Diri, Penilaian teman
sejawat, Jurnal. Untuk menilai domain Pengetahuan digunakan teknik: Tes Tulis,
Tes Lisan, Penugasan. Sedang untuk menilai domain keterampilan digunakan
teknik: Tes Praktik, Projek, Portofolio. Dalam makalah ini akan dibahas lebih
rinci karakteristik penilaian, teknik penilaian, dan contoh-contoh rubrik
penilaian terkait kurikulum 2013.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa Pengertian Teknik Penilaian?
2.
Apa yang dimaksud dengan Penilaian Aspek Spiritual,
Sosial, Kognitif dan Ketrampilan K13?
3.
Bagaimana Contoh Format Penilaian Aspek Spiritual,
Sosial, Kognitif dan Ketrampilan K13?
4.
Bagaimana Praktik Pada
Silabus K13?
C.
TUJUAN PEMBAHASAN
1.
Mengetahui Pengertian Teknik Penilaian
2.
Mengetahui Penilaian Aspek Spiritual, Sosial, Kognitif
dan Ketrampilan K 13
3.
Mengetahui Contoh Format Penilaian Aspe Spiritual,
Sosial, Kognitif, dan Ketrampilan K 13
4.
Mengetahui Praktik Pada Silabus
BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN TEKNIK PENILAIAN
B. PENILAIAN ASPEK SPIRITUAL, SOSIAL, KOGNITIF, DAN
KETRAMPILAN K13



C.
CONTOH FORMAT PENILAIAN ASPEK SPIRITUAL, SOSIAL, KOGNITIF
DAN KETRAMPILAN K13
1.
Aspek Spiritual
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk
:
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta
didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 =
selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun
tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

Contoh :
Skor diperoleh 14, skor tertinggi 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor
akhir :

Peserta didik memperoleh nilai :
Sangat Baik :
apabila memperoleh skor 3,20 – 4,00 (80
– 100)
Baik : apabila
memperoleh skor 2,80 – 3,19 (70 – 79)
Cukup :
apabila memperoleh skor 2.40 – 2,79 (60
– 69)
Kurang : apabila
memperoleh skor kurang 2.40 (kurang dari
60%)
2.
Aspek Sosial
Petunjuk pengisian jurnal
(diisi oleh guru):
a)
Tulislah identitas peserta didik yang diamati
b)
Tulislah tanggal pengamatan.
c)
Tulislah aspek yang diamati oleh guru.
d)
Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta
didik baik yang merupakan kekuatan Peserta didik maupun kelemahan Peserta didik
sesuai dengan pengamatan guru terkait dengan Kompetensi Inti.
e)
Tulislah dengan segera kejadian
f)
Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang
berbeda.
g)
Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing
Peserta didik
Format:
![]() |
Petunjuk penskoran
Lihat petunjuk
penskoran pedoman observasi sikap disiplin
3.
Aspek Pengetahuan
URAIAN
1.
1.
Mengapa malaikat selalu taat Allah Swt.?
2.
Sebutkan sifat-sifat malaikat!
3.
Jelaskan perbedaan malaikat dengan manusia dan makhluk gaib lain (jin dan
setan/iblis)!
4.
Mengapa kita harus mengimani malaikat Allah Swt.?
5.
Sebutkan hikmah beriman kepada malaikat!
2.
Asek Ketrampilan
D.
PRAKTIK PADA SILABUS
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar