Selasa, 26 Februari 2019

sejarah pendidikan islam di indonesia "MADRASAH"


1.      Perkembangan madrasah pada masa orde lama
Madrasah sebagai lembaga penyelenggara pendidikan diakui oleh negara secara formal pada tahun 1950. Untuk mendapat pengakuan departemen agama, madrasah harus memberikan pelajaran agama sebagai mata pelajaran pokok paling sedikit enam jam seminggu secara teratur di samping mata pelajaran umum.
Perkembangan madrasah yang cukup penting pada masa orde lama adalah berdirinya madrasah pendidikan guru agama (PGA) dan pendidikan hakim islam negeri (PHIN). Tujuan pendiriannya untuk mencatak tenaga-tenaga profesional yang siap mengembangkan madrasah sekaligus ahli keagamaan yang profesional.
A.     Madrasah di indonesia
1.      Perkembangan madrasah di indonesia
Kelahiran madarasah sebagai lembaga pendidikan islam setidak-tidaknya mempunyai beberapa latar belakang, di antaranya:
a.       Sebagai manifestasi dan realisasi pembaharuan sistem pendidikan islam.
b.      Uasaha penyempurnaan terhadap sistem pendidikan
c.       Adanya sikap mental pada sementara golongan umat islam khusunya santri yang terpukau pada barat sebagai sistem pendidikan modern dari hasil akulturasi.
Permulaan abad ke-20, merupakan masa pertumbuhan dan perkembangan madrasah hampir di seluruh indonesia, dengan nama dan tingkatan yang bervariasi. Namun, madrasah-madrasah tersebut pada awal perkembangannya masih bersifat diniyah semata-mata. Usaha kearah penyatuan dan penyeragaman sistem baru dirintis sekitar tahun 1950 setelah indonesia merdeka. Pada perkembangannya, madrasah terbagi dalam jenjang-jenjang pendidikan, madarsah ibtidaiyah, tsanawiya, dan aliyah.
2.      Sistem pendidikan di madrasah
Perpaduan antara sistem pada pondok pesantren atau pendidikan langgar dan sistem yang berlaku pada sekolah modern merupakan sistem pendidikan dan pengajaran yang dipergunakan di madrasah. Kurikulum madrasah dan sekolah-sekolah agama masih mempertahankan agama sebagai mata pelajaran pokok, walaupun dengan prosentase yang berbeda.
3.      Kelahiran madrasah aliyah program khusus
Kelahiran MAPK yang didasari dengan keputusan menteri agama nomor 73 tahun 1987, dilatarbelakngi oelh kebutuhan akan tenaga ahli di bidang agama islam sesuai dengan tuntutan pembangunan nasional, shingga perlu dilakukan usaha peningkatan multipendidikan pada madrasah aliyah.
            Salah satu yang menonjol dalam penyelanggaraan ini adalah keterlibatan instansi pusat dan daerah secara terpadu dalam suatu tim tersendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar